teks berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG NJONI

Jumat, 17 September 2010

Kartasura_Pasar Kartasura

Pasar Kartasura, Pasar yang terletak di pusat kartasura ini merupakan pasar traditional yang telah berdiri sejak lama. Pasar ini mengalami 3 kali masa perubahan sampai akhirnya menjadi pasar Kartasura sekarang ini. Awal berdirinya pasar ini masih sangat traditional, dimana jalan-jalan di tengah pasar dan menuju ke pasar masih becek. sekitar tahin 90-an pasar ini dilakukan pemugaran, dengan perbaikan disetiap lini dan pengaturan tempat jualan.

Dengan adanya pemugaran tersebut maka Pasar sempat dipindahkan ke lapangan Singopuran, dengan fasilitas seadanya pedagang masih berdagang seperti bisanya. Setelah Pasar Kartasura selesai di renovasi maka kepindahanpun dilakukan dan penataan pasar sekarang menjadi lebih teratur.

Diluar pasar kita bisa temui berbagai macam makanan traditional dijajakan, alat-alat masak traditional juga masih dijajakan. Selain itu di sebelah barat pasar ini kita masih bisa temui delman/ dokar yang masih mengantri untuk melayani penumpang.

Dilantai dasar pasar kartasura kita bisa temui penjual pakaian, tas, alat-alat tulis kantor, penjual emas dan penjual alat-alat pertanian dipisah berdasarkan tipe barang yang mereka jual.

Di lantai atas pasar kartasura, kita bisa temukan berbagai macam daging, bumbu masak, sayur mayur yang dijual disana.

Di awal tahun 2000-an Pasar ini mengalami kejayaan dimana pasar kartasura ini selalu ramai dari pagi hingga sore hari dengan banyaknya pembeli, hampir bisa dikatakan pasar ini adalah tempat teramai di kartasura.
Karena tuntutan jaman dan semakin bertumbuh kembangnya mall di solo, kartasura dan sekitarnya maka pasar kartasura yang dahulunya ramai oleh pembeli sekarang menjadi pasar yang kurang diminati. Walaupun kadang-kadang menjelang hari raya pasar ini tetap menjadi Idola para ibu-ibu untuk berbelanja.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar